Peserta Didik di SMP Negeri 216 Diedukasi Penyakit Rabies

By Al


nusakini.com - Jakarta - Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) berkolaborasi dengan Direktorat Kesmavet Kementerian Pertanian RI menyelenggarakan webinar dengan tema "Mengenal Penyakit Rabies" yang diikuti 134 peserta didik di SMPN 216 Jakarta Pusat.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta, Suharini Eliawati mengatakan, pelaksanaan webinar ini juga terealisasi melalui kolaborasi dengan Pet+Vet Jakarta dan The Dr. B. Vet Show

"Kegiatan ini merupakan Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) penyakit zoonosis terutama penyakit rabies di DKI Jakarta," ujarnya

Eli menjelaskan, penyakit rabies merupakan salah satu penyakit zoonosis yang paling berbahaya karena dapat menyebabkan kematian pada manusia. Penyakit Zoonosis merupakan penyakit yang dapat ditularkan dari hewan ke manusia maupun sebaliknya.

"Provinsi DKI Jakarta telah ditetapkan menjadi satu dari delapan provinsi yang bebas rabies sejak tahun 2004 dan pada tahun 2011 Provinsi DKI Jakarta mendapatkan penghargaan dari Kementerian Pertanian atas keberhasilan mempertahankan DKI Jakarta tetap bebas rabies," ungkapnya.

Ia menambahkan, dengan kegiatan ini diharapkan anak-anak sekolah lebih peduli terhadap kesehatan hewan kesayangan agar terhindar dari penyakit rabies.

"Saya ingin para pelajar ini juga dapat menjadi agent of change dalam penyampaian informasi ancaman penyakit rabies kepada orang tua, saudara maupun teman bermain di lingkungannya," tandasnya.